Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found"

Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found"
Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found" - Pada kesempatan di postingan kali ini kami akan membahas tentang cara mengatasi Laptop/Komputer yang muncul pesan error “Missing Operating System” saat di hidupkan. Yang menjadi sebab operating system not found/Missing Operating System terjadi karena disebabkan oleh rusaknya sistem operasi windows sehingga muncul lah pesan error Missing Operating System pada komputer atau pun laptop kamu.

Salah satu masalah laptop missing operating system yang terjadi pada Laptop/Komputer ini juga bisa di sebabkan oleh hal yang lain yaitu, bisa disebabkan karena terlalu banyaknya USB seperti flasdisk ataupun hardisk eksternal lain yang tidak dicopot saat komputer dimatikan. Hal tersebut bisa mengakibatkan BIOS yang ada di komputer menjadi binggung harus booting dari mana. Dan untuk cara mengatasinya yaitu dengan cara :

Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found"
  
Menjalankan proses Checkdisk

Cara selanjutnya yaitu dengan menjalankan proses Checkdisk. Pertama yaitu silahkan kamu coba melakukan Checkdisk pada partisi Windows (biasanya sih di C:\)dengan mengetikan perintah berikut:
chkdsk c: /f /r – Perintah ini akan memperbaiki error yang ada dalam hardisk kamu dan juga bisa memulihkan data yang hilang.

Cek kabel Hardisk yang terpasang

Jika masih gagal/tidak berhasil dengan cara yang di atas maka cara yang selanjutnya yaitu cobalah cek kabel yang terpasang pada hardisk atau motherboard mulai longgar,Untuk cara melakukannya silahkan bongkar casing Komputer atau laptop kamu dan lepaskan socket kabelnya (hardisk) kemudian pasang kembali kabelnya.

Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found"

  
Lepaskan perangkat USB yang tidak penting dari Laptop/komputer

Hal tersebut merupakan penyebab error Missing Operating System yang paling ringan. Jikalau ada perangkat USB seperti Flashdisk ataupun Hardisk eksternal yang masih terpasang/tercolok di Laptop/Komputer ini bisa membuat BIOS menjadi bingung harus booting dari mana, dan hal ini juga bisa mengubah prioritas booting dari hardisk yang berisi sistem operasi ke perangkat lain secara otomatis. Solusinya coba lepaskan seluruh hardware USB yang terpasang di komputer kecuali mouse dan keyboard.

Lakukan intsalasi ulang windows

Jika cara diatas sudah dilakukan semua dan Laptop/Komputer kamu belum juga terbebas dari masalah Missing Operating System yang menyebalkan ini maka cara yang terakhir adalah dengan menginstall ulang sistem operasi windows di komputer atau laptop kamu.

Ubahlah urutan prioritas booting pada BIOS

Sesuai dengan step sebelumnya, Ada salah satu kemungkinan urutan booting di BIOS ini secara tidak sengaja berubah. Solusinya yaitu masuklah ke BIOS kamu saat pertama kali dinyalakan komputernya. Lalu kamu tekan tombol F2 atau Delete agar dapat masuk ke menu BIOS, cari bagian Boot Priority dan ubah ke hardisk yang berisi sistem operasi.

Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found"

Menggunakan Sistem Recovery

Untuk cara yang selanjutnya yaitu dengan cara menggunakan sistem recovery. Untuk tata caranya silahkan kamu masukkan DVD instalasi Windows  ataupun flashdisk yang sudah berisi os windows (bootable) dan booting lah dari media tersebut. Lalu kemudian pada jendela Sistem Recovery Options pilihlah Startup Repair Automatically, dan tunggulah prosesnya sampai selesai dan coba masuk kembali ke Windows kamu.


Catatan Penting : demi keamanan data kamu kami sarankan bawalah ke servis laptop/komputer terdekat.


Demikian yang kami sampaikan mengenai Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found" Semoga bermanfaat 

Belum ada Komentar untuk "Cara Mudah Mengatasi "Missing Operating System/Operating System Not Found""

Posting Komentar

Iklan Postingan atas

Iklan Tengah Postingan

Iklan Tengah Postingan 2

Iklan Bawah Postingan 3