Resep Kue Pinukuik Nan Lamak Rasonyo


Pinukuik adalah salah satu makanan khas yang dimiliki oleh indonesia, makanan yang diolah dari tepung beras ini memiliki rasa yang nikmat, mantap dijadikan untuk menu sarapan pagi Anda ataupun untuk disandingkan bersama kopi disiang hari untuk keluarga dan kerabat yang datang berkunjung, cemilan yang mengenyangkan ini mampu maengganjal perut sampai jam makan siang datang, cara membuatnya sangatlah mudah pastinya tidak menguras isi kantong, banyak makanan tradisional Indonesia yang sudah hilang dari pasaran karna tergerus perkembangan zaman yang banyak menyajikan makanan cepat saji atau Jung foot, makanan cepat saji yang menyajikan segala bentuk, aneka ragam dan rasa yang ditawarka pastinya membuat lidah bergoyang dan perut berbunyi, tapi ingat banyak penyakit yang timbul didalam tubuh akibat terlalu banyak memakan Jung foot.

Biasakan lah untuk memakan makanan yang banyak mengandung protein dan diolah langsung, selain mampu menambah keterampilan dalam memasak berbagai jenis makanan, mengolah makanan sendiri mampun membuat hubungan dalam keluarga lebih erat dan harmonis, yang paling penting dapat menggurangi belanja harian Anda. 
Untuk membuat pinukuik tidaklah sulit, cukup menyediakan.

Bahan bahan 

1. 500 gram tepung beras 
2.Dua sendok teh varnivan sebagai bahan pengembang
3. Satu butir kelapa ( parut kelapa gunakan bagian putihnya)
4. 500 gram gula aren 
5. Margarin secukupnya 

Cara pengolahan

1. Masukan tepung beras kedalam wadah, lalu masukan dua sendok varnifan, dan tambahkan air sampai adonan mengental.

2. Diamkan selama tiga jam dan tutup adonan menggunakan kain katun, setelah adonan mengembang tambahkan kelapa muda yang sudah diparut dan gula aren yang sudah di cairkan lalu aduk sampai merata, setelah semua tercampur maka adonan siap di masak

3. Panaskan cetakan pinukuik diatas api sedang,  jika anda tidak memiliki cetakan khusus, anda dapat menggunakan teflon.

4. Setelah cetakan dirasa panas, oleskan sedikit margarin,agar adonan tidak lengket, lalu tuangkan satu sendok adonan kedalam satu cetakan

5. Setelah semua cetakan terisi dengan adonan pinukuik , lalu  tutup adonan

6. Tunggu 7- 10 menit, setelah pinukuik masak,angkat dan dinginkan, pinukuik siap disantap bersama keluarga.
Anda pasti penasaran apa beda pinukuik dengan serabi yang bentuknya sangat mirip, bahan bahan yang digunakan bagaimana pengolahan bahan dan cara memasaknya hanya ada satu perbedaan dengan pinukuik, yang membedakanya, pinukuik sudah memiliki rasa manis karna gula aren cair sudah diaduk  kedalam adonan, sedangkan serabi rasa manisnya didapat dari parutan kelapa yang berasal dalam adonan yang sudah tercampur sebelumnya, sedangkan gula aren dijadikan kuah saat menyantap serabi.




Belum ada Komentar untuk "Resep Kue Pinukuik Nan Lamak Rasonyo"

Posting Komentar

Iklan Postingan atas

Iklan Tengah Postingan

Iklan Tengah Postingan 2

Iklan Bawah Postingan 3