Ciri Laptop/Komputer Terkena Virus + Cara Mengatasinya [100% WORK]

Ciri Laptop/Komputer Terkena Virus + Cara Mengatasinya [100% WORK] - Pernahkah kamu merasa bahwa laptop/komputer PC kamu saat ini sudah mulai mengalami penurunan performa? Apabila laptop/komputer PC kamu sudah berusia lebih dari 5 tahun, penurunan performa secara bertahap memang merupakan salah satu hal yang wajar terjadi dan biasa terjadi. Namun demikian, terkadang penurunan performa bisa saja terjadi secara signifikan, dimana hanya dalam hitungan bulan, laptop/komputer PC kamu langsung menjadi lemot dan mengalami hang. Mungkin saja hal itu merupakan ulah dari beberapa virus laptop/komputer PC.
 
Ciri Laptop/Komputer Terkena Virus + Cara Mengatasinya [100% WORK]


Sejarah virus laptop/laptop/komputer PC PC

Virus laptop/laptop/komputer PC sendiri sejatinya mulai muncul pada era 1949, dimana pada saat itu para teknisi menggunakan virus laptop/laptop/komputer PC sebagai suatu ajang permainan untuk sekedar memberikan hiburan bagi mereka. Namun ternyata, berkat eksperimen kecil ini, virus laptop/laptop/komputer PC kemudian berkembang dan malahan menjadi semakin berbahaya karena berpotensi untuk merusak sistem dan juga jaringan laptop/laptop/komputer PC. Pada era 1980an setelah perang mulai berakhir, banyak orang mulai mempresentasikan mengenai suatu program yang dapat menyebar dengan cepat melalui jaringan laptop/laptop/komputer PC. Fred Cohen merupakan orang pertama yang mencetuskan ide ini dan menyebutnya sebagai virus laptop/laptop/komputer PC.

Virus Laptop/komputer PC
Sama seperti tubuh manusia, laptop/laptop/komputer PC juga bisa saja terkena virus dengan mudah. Virus laptop/laptop/komputer PC bisa masuk dengan mudah ke dalam suatu laptop/laptop/komputer PC terutama dari jaringan laptop/laptop/komputer PC dan juga pemindahan atau transfer file antar laptop/laptop/komputer PC. Mirip dengan transfer virus penyakit pada manusia bukan? Virus ini dapat mengakibatkan banyak sekali masalah pada laptop/laptop/komputer PC kamu pastinya.

Jenis Virus Laptop/komputer PC

Sama seperti manusia, virus laptop/laptop/komputer PC pun memiliki beragam jenis. Setidakny ada kurang lebih 13 jenis virus yang dapat masuk dan juga merusak sistem jaringan laptop/laptop/komputer PC kamu. Berikut ini adalah beberapa jenis virus tersebut :
  •     FAT Virus
  •     Companion Virus
  •     Polymorphic Virus
  •     Trojan
  •     Worms
  •     Directory Virus
  •     Web Scripting virus
  •     Multipartite Virus
dan masih banyak lagi jenis – jenis virus yang dapat membahayakan laptop/laptop/komputer PC kamu. Kebanyakan virus – virus tersebut masuk karena kamu membuka suatu email tak dikenal ataupun menginstall suatu aplikasi berekstensi .exe.

Ciri – Ciri Laptop/komputer PC Terkena Virus

Untuk mengetahui apakah laptop/komputer PC yang biasa kamu gunakan sehari – hari terserang virus atau tidak, maka ada beberapa ciri – ciri yang akan muncul, dan biasanya dapat kamu rasakan ketika kamu mengoperasikan laptop/komputer PC kamu. Berikut ini adalah beberapa ciri – ciri laptop/komputer PC kamu terkena virus :

Hardisk mengalami corrupt
Hardisk kamu pun bisa saja mengalami corrupt dan menunjukkan gejala yang tidak biasa. Salah satu yang mungkin bisa terjadi adalah format dari Hardisk yang berubah, ataupun harrdisk atau portable storage, seperti flash drive menjadi terkunci dan tidak bisa digunakan.
 
File – file hilang / ter-hidden

Merupakan salah satu ciri – ciri yang mungkin sudah banyak da juga sering kamu alami. Virus bisa membuat file – file yang terdapat di dalam Hardisk kamu menjadi hilang atau tersembunyi. Ketika dilakukan scan, file dan folder akan terdeteksi, namun tidak dapat kamu akses. Agar dapat menggunakan file tadi kamu tetap perlu masuk ke CMD untuk menghilangkan atribut Hidden dan Archive yang secara sengaja dilakukan oleh virus laptop/komputer PC tesebut.
 
Kinerja laptop/komputer PC menjadi melambat

Ciri – ciri lainnya dari virus yang sudah mulai menajalar ke laptop/komputer PC kamu adalah menurunnya kinerja laptop/komputer PC secara drastis. Hal ini disebabkan karena virus memakan banyak sekali memory dan juga RAM pada laptop/komputer PC kamu, sehingga sisa space yang ada pada RAM dan juga Hardisk menjadi semakin sedikit. Hal in iberpengarh terhadap melambatnya kinerja laptop/komputer PC kamu. Selain itu, virus juga bisa saja menyebabkan CPU menajadi panas, karena bekerja secara berlebihan dan tidak terkontrol Baca : Cara agar laptop tidak lemot.

Laptop/komputer PC mengalami restart sendiri atau mati secara mendadak
 
Restart sendiri dan mati secara mendadak juga merupakan salah satu ciri – ciri laptop/komputer PC terkena virus di dalam sistem laptop/komputer PC kamu. Bahkan efek lain adalah laptop/komputer PC sering hang. Biasanya, hal ini sering terjadi ketika virus sudah mulai banyak menjangkit laptop/komputer PC kamu. Laptop/komputer PC kamu akan sering mengalami restart sendiriing, ataupun tiba – tiba mati mendadak .

Program menjadi tidak dapat berjalan seperti biasanya

Terkadang, virus yang menjangkiti laptop/komputer PC kamu juga dapat menyebabkan sebagan aplikasi yang kamu miliki tidak dapat berjalan dengan sempurna dan mengalami corrupt. Hal in iberhubungan erat dengan adanya missing file pada direktori software tersebut, sehingga hal ini dapat menyebabkan suatu software tidak dapat berjalan seperti biasa, dan mengalami corrupt.

Antivirus mendadak off

Biasanya, virus ini cukup cerdik, karena dapat membuat antivirus menjadi tidak teraktivasi. Dengan kemampuan ini, virus dapat membuat antivirus yang sudah terinstall pada laptop/komputer PC kamu mati secara tiba – tiba. Yang lebih gawat lagi adalah, kamu pun kemungkinan bisa saja tidak dapat menyalakan dan mengkatifkan kembali proteksi dari antivirus kamu.

Memory pada drive kamu menyusut secara tiba – tiba

Ciri – ciri laptop/komputer PC kamu terkena virus yang pertama adalah menyusutnya memory kamu secara mendadak, padahal kamu tidak mencopy atau menginstall aplikasi baru. Hal ini bisa saja disebabkan karena virus tersebut sudah menginstall dirinya sendiri sehingga dapat memakan banyak RAM laptop/komputer PC kamu. Hal ini akan menyebabkan memory pada disk drive kamu akan mengecil dan berkurang sangat banyak.

File kamu banyak mengalami kerusakan / corrupt
 
File corrupt merupakan beberapa gejala yang merupakan ciri – ciri dari terinfeksinya satu atau lebih virus di dalam omputer kamu. Biasanya virus dapat secara sengaja menghilangkan ataupun mereplace file default kamu, sehingga hal ini akan menyebabkan file kamu mengalami corrupt atau mengalami gejala missing files. Biasanya ketika file sudah hilang, maka yang bisa dilakukan adalah melakukan restore total, agar file tersebut bisa kembali, dengan catatan kerusakan memang terjadi karena virus, dan bukan merupakan kerusakan dari hardware.

Muncul pesan atau notifikasi aneh seperti bahasa alien

Terkadang, hal in isering terjadi pada website atau email, dimana virus yang masuk ke dalam jaringan berhasil menjangkiti laptop/komputer PC kamu, dan kemudian akan secara otomatis menampilkan pesan – pesan tertentu yang asing bai kamu, seperti tulisan dengan bahasa alien yang sangat mengganggu, karena dapat muncul secara tiba – tiba ketika sedang menggunakan laptop/komputer PC kita.

Kemunculan file aneh di dalam laptop/komputer PC kamu

Ciri – ciri lainnya yang paling umum terjadi apabila laptop/komputer PC kamu terjangkit virus adalah kemunculan file – file aneh di dalam laptop/komputer PC kamu. Biasanya, file – file tersebut akan muncul tanpa kamu sadari, dan bisa berupa file berextensi .EXE .CONF .DLL dan masih banyak lagi.

Bagaimana Cara mencegah dan juga mengatasi infeksi virus laptop/komputer PC?
Untuk mencegah masuknya virus ke dalam laptop/komputer PC kamu, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, sebagai pencegahan dan proteksi. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mencegah masuknya virus ke dalam sistem laptop/komputer PC kamu :
  1.     Hindari melakukan download file dari internet yang asing
  2.     Gunakan fitur internet security
  3.     Menggunakan software antivirus
  4.     Melakukan update antivirus secara rutin
  5.     Selalu lakukan scan virus ketika ingin menggunakan portable device
Itu adalah beberapa tips – tips sederhana yang bisa kamu lakukan dengan mudah agar laptop/komputer PC kamu dapat terhindar dari ancaman virus. Namun demikian, apabila laptop/komputer PC kamu sudah terjangkit oleh virus, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan, yaitu :
  •     Deteksi keberadaan virus dengan antivirus kamu
  •     Lakukan pembersihan direktori yang di deteksi terjangkit oleh virus dengan menggunakan BIOS (Sebaiknya dilakukan oleh mereka yang memang sudah berpengalaman, karena apabila salah melakukan pembersihan, bisa saja sistem operasi kamu mengalami corrupt kaena kesalaha human error).
  •     Menggunakan MsConfig untuk melihat file – file apa saja yang akan berjalan ketika laptop/komputer PC melakukan booting.
Itu adalah beberapa cara aman yang bisa kamu gunakan untuk membantu membersihkan virus dari direktori kamu. Namun apabila kamu mengalami kesulitan, tidak ada salahnya untuk meminta bantuan kepada mereka yang lebih berpengalaman, karena terkadang kemampuan virus dalam merusak sulit dipahami oleh orang yang masih awam dengan sistem laptop/komputer PC. Semoga artikel tentang Ciri Laptop/Komputer Terkena Virus + Cara Mengatasinya [100% WORK] dapat menambah wawasan kamu dan juga dapat bermanfaat bagi kamu semua.

Belum ada Komentar untuk "Ciri Laptop/Komputer Terkena Virus + Cara Mengatasinya [100% WORK]"

Posting Komentar

Iklan Postingan atas

Iklan Tengah Postingan

Iklan Tengah Postingan 2

Iklan Bawah Postingan 3